1. Burung Berwarna Biru

Seekor burung berwarna biru masuk ke kamar Anda. Burung tersesat ini tampak menarik sehingga Anda memeliharanya. Esoknya Anda terkejut, burung tersebut berubah warna dari biru menjadi kuning! Di hari ketiga berubah menjadi merah terang dan di hari keempat berubah menjadi hitam. Apa warna burung tersebut ketika Anda bangun di hari kelima?

a. Tetap hitam

b. Biru

c. Putih

d. Emas

2. Lukisan di Sebuah Pameran

Anda berdiri di depan sebuah lukisan dalam museum seni dengan tangan terkepal di belakang. Anda berusaha untuk menikmatinya ketika seseorang yang asing mendekati dan mengatakan sesuatu pada Anda. Kalimat mana yang diucapkan oleh orang tersebut?

a. “Bukankah itu lukisan yang indah?”

b. “Apa pendapatmu mengenai lukisan itu?”

c. “Maaf, apa Anda punya waktu?”

d. “Tahukah Anda, saya juga seorang pelukis.”

3. Anda Menjadi Hakim

Jika Anda adalah seorang aktor yang berperan dalam drama pengadilan, karakter mana yang Anda bayangkan sebagai diri Anda?

a. Pengacara

b. Detektif

c. Tersangka

d. Saksi

4. Di Pinggir Sungai

Bayangkan Anda tinggal di rumah berlokasi di dekat sungai. Manakah rumah di bawah ini yang paling cocok menjelaskan tempat tinggal Anda?

a. Sebuah rumah di pulau kecil di tengah sungai.

b. Sungai yang lebar mengalir melewati rumah dengan sebuah jembatan kecil menyeberanginya.

c. Selokan penuh air mengalir melalui salah satu sudut rumah.

d. Sebuah rumah dengan sungai simpang siur.

PENJELASAN

1. Burung Berwarna Biru

a. Apakah Anda cenderung percaya bahwa situasi yang menjadi buruk tidak akan kembali normal? Mungkin Anda harus mencoba berpikir, “Jika situasi sudah sangat buruk, maka tidak akan berubah menjadi lebih buruk. Ingatlah, tidak ada hujan yang tidak berhenti. Tidak ada malam yang selalu gelap dimana tidak akan muncul fajar.

b. Anda percaya bahwa hidup adalah campuran antara baik dan buruk. Tidak ada gunanya melawan kenyataan. Anda menerima kemalangan dengan tenang dan membiarkan segala sesuatunya berjalan sesuai jalur tanpa stress dan khawatir. Harapan ini membawa Anda menjalani gelombang kemalangan tanpa terhanyut di dalamnya.

c. Anda tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk resah dan tidak mengambil keputusan ketika krisis timbul. Jika situasi memburuk, Anda merasa lebih baik membuang kekalahan dan mencari cara baru mencapai sasaran daripada berhenti dalam kesedihan yang tidak perlu. Pendekatan proaktif ini berarti segala sesuatu secara alami berjalan sesuai keinginan.

d. Anda tidak mengenal tekanan. Bagi Anda, setiap krisis adalah sebuah kesempatan. Anda dapat dibandingkan dengan Napoleon yang berkata, “…mustahil: kata itu bukanlah bahasa Perancis.” Tapi berhati-hatilah untuk tidak membiarkan kepercayaan diri yang tidak terbatas mengalahkan Anda. Ada batas yang tipis antara tidak memiliki rasa takut dan membabi buta.

2. Lukisan di Sebuah Pameran

a. Sikap alamiah yang bersahabat menciptakan kesan pertama yang baik dalam hampir semua orang yang Anda temui. Satu-satunya kekhawatiran hanyalah apabila orang tidak menanggapi Anda dengan serius pada awalnya.

b. Anda adalah tipe orang yang suka mengira-ngira temperamen orang lain sebelum melakukan sesuatu. Orang dapat merasakan keragu-raguan itu. Ini mungkin akan mewarnai reaksi mereka kepada Anda. Anda tidak akan menyinggung orang lain dengan pendekatan yang hati-hati. Tapi Anda mungkin akhirnya akan hidup dengan kondisi-kondisi yang ditentukan oleh orang lain.

c. Setengah dunia Anda tampaknya seperti orang normal. Tapi setengahnya lagi tampak sedikit aneh. Anda menciptakan kesan pertama bahwa Anda hidup dalam langkah diri Anda sendiri dan mempertahankan individualisme yang dianggap sebagian orang sebagai eksentrik. Anda tidak begitu memperhatikan apa yang mungkin orang lain pikirkan atau rasakan. Suka atau tidak, di sanalah terlihat rahasia bagi Anda.

d. Pada awal pertemuan dengan seseorang, Anda agak sedikit gugup dan tidak terlalu sabar. Mungkin Anda hanya berusaha terlalu keras untuk disukai. Tapi semakin kuat mencobanya, semakin buruk kesan yang Anda buat. Jangan terlalu khawatir untuk membuat orang-orang berpikir Anda hebat. Mereka akan lebih menyukai jika Anda tidak tegang dan santai.

3. Anda Menjadi Hakim

a. Secara normal Anda tetap tenang di bawah tekanan. Jarang membiarkan orang lain melihat Anda berkeringat. Tapi Anda juga memiliki wajah lain yang muncul hanya saat ada tekanan paling berat. Seorang pejuang kuat yang mampu melupakan pengekangan dan meledak ketika sebuah kasus mengharuskannya. Kombinasi ketenangan dan gairah yang berapi-api membuat Anda dapat melewati situasi yang paling berat sekalipun.

b. Anda tidak terpengaruh dengan kekacauan dan kebingungan dan selalu dapat menguasai diri saat orang lain tidak. Orang-orang merasakan dan menghormati ketenangan dan cenderung meminta bantuan ketiak dalam kesulitan. Ini berarti masalah tampaknya mengikuti Anda. Tapi Anda tidak keberatan dengan penambahan bahkan membuat lebih tenang.

c. Sekilas Anda tampak tegar dan tidak peduli. Tapi di balik itu semua, Anda kekurangan sesuatu yang diperlukan untuk melihat peperangan sampai akhir. Ketika segalanya menjadi sulit, Anda menghabiskan waktu mengira-ngira dan menilai diri sendiri daripada menyelesaikan masalah. Mungkin ini minat terbaik Anda untuk bekerjasama dengan orang yang dapat mengatasi segala sesuatu dengan lebih praktis.

d. Anda mungkin terlihat dapat bekerjasama dan suka menolong dalam situasi apapun. Tapi fleksibilitas dan keinginan menyenangkan orang lain juga membuat Anda menjadi sumber masalah lain. Dengan berusaha selalu menyenangkan orang lain, akhirnya Anda akan menjadi tidak konsisten bahkan sedikit tidak dapat dipercaya. Jangan terlalu khawatir tentang apakah pernyataan Anda akan membuat orang senang atau sedih. Satu-satunya hal yang harus Anda buktikan adalah diri sendiri.

4. Di Pinggir Sungai

a. Anda tidak meminta ruang tak terbatas untuk mengembara, hanya tempat sunyi milik sendiri, tempat Anda dapat menyendiri dan melepaskan diri dari tekanan masyarakat. Jika rumah adalah sebuah instana, Anda lebih suka istana yang dikelilingi parit.

b. Anda intim dengan orang terdekat tetapi menjaga jarak terhadap orang lain sehingga Anda agak sulit didekati orang lain. Itu juga berarti ketika menyebut seseorang sebagai teman, Anda benar-benar menganggapnya teman.

c. Anda tidak membuat perbedaan yang jelas antara kehidupan social dan pribadi. Anda tetap membuka pintu kepada dunia dan menganggap orang asing sebagai teman yang belum pernah ditemui. Keterbukaan dan semangat ramah-tamah memastikan bahwa apapun yang terjadi dalam hidup, Anda tidak harus menghadapinya sendirian.

d. Anda tinggal di tengah-tengah jaringan social berbentuk labirin. Anda disibukkan dengan hubungan yang kompleks antara diri sendiri dengan orang-orang dalam hidup Anda. Kadang-kadang Anda dapat merasakan dunia luar selalu berada di ambang kebanjiran sungai. Tapi saluran berliku-liku juga melindungi Anda dari air yang membanjiri depan rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s